WeLcOme To My BlOggER

Welcome to My Blogger
Dapatkan content2 yang AndA bUtuhKan dalAm Blog Ini.
Datang dan Nikmati

Sabtu, 06 November 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP : Nurul Muttaqin Kemuiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi :
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang

Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Indikator :
1. Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
2. Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu :
2 x pertemuan ( 4 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran

Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang telekomunikasi dengan tepat
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang teknologi informasi
  • mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang elektronika
Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
  • menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  1. Bidang telekomunikasi
  2. Bidang teknologi informasi
  3. c. Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Memberika motivasi pentingnya meuasai TIK
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi
2. Kegiatan Inti
  • Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
  • Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengerjakan lembar kerja.
3. Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua:
1. Kegiatan Pendahuluan
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  • Memberika motivasi pentingnya meuasai TIK
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
  • Peserta didik membentuk kelompok diskusi

2. Kegiatan Inti
  • Menjelaskan fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
  • Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.)
Buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1.Tehnik
Observasi, Tes Tertulis

2.Bentuk Instrumen
Lembar Observasi, Tes Uraian

3.Soal/Instrumen
  1. Diantara gambar berikut manakah yang termasuk peralatan teknologi informasi
  2. dan komunikasi dan apa nama alat tersebut?
  3. Kelompokan peralatan tersebut sesuai dengan bidangnya!
  4. Jelaskan fungsi peralatan tersebut sesuai dengan penggunaannya!
  5. Diantara gambar-gambar berikut ini tunjukanlah peralatan TIK yang dapat
  6. berhubungan dengan komputer



Lembar Observasi
No Aspek yang dinilai Skala kwantitatif Nilai = 4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
1 Menunjukan alat input √
2 Menunjukan alat pemerosesan data √
3 Menunjukan alat output √
4 Menunjukan alat trasfer data √

Jumlah 8 3 2 -

Nilai = Jumlah Skor Perolehan x 100 = 13 x 100 = 81,25
Jml Skor maksimal 16

Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
4 jika selalu muncul
3 jika sering muncul
2 jika kadang-kadang muncul
1 jika tidak pernah muncul


Kemiri ,……………2010

Mengetahui:
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.I
NIP.






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP : Nurul Muttaqin Kemuiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang

Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Indikator : • Menjelaskan perkembangan perangkat TIK
• Mendeskripsikan perkembangan TIK beserta fungsinya
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
• Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
• Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
• Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
• Mendeskripskan perkembangan TIK beserta fungsinya

B. Materi Pembelajaran
a. Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
b. Sejarah tentang perkembangan komunikasi
c. Sejarah tentang perkembangan informasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model: Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Mengamati tayangan tentang perkembangan perangkat TIK disajikan oleh guru

3. Kegiatan Penutup
• Mengerjakan lembar kerja






E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1. Tehnik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Uraian

3. Soal/Instrumen

Jelaskan berbagai penemuan yagn terkait dengan perangkat TIK


Kemiri ,……………2010
Mengetahui:
Kepala SMP …………… Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.I
NIP.




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP : Nurul Muttaqin Kemiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar : 1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari – hari.
Indikator : 1.3.1. Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan.
1.3.2. Mendiskripsikan peranan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.3. Menjelaskan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi.
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
• Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan.
• Mendiskripsikan peranan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.
• Menjelaskan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi.

B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
• Bidang telekomunikasi
• Bidang teknologi informasi
• Bidang Elektronika
Peranan teknologi informasi dan komunikasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mengamati peranan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lingkungan sekitar kita.
• Melakukan studi pustaka untuk mengetahui peranan teknologi informasi dan komunikasi.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Mengingat kembali materi pembelajaran yang sudah disampaikan.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan peran teknologi informasi dan komunikasi.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
• Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1. Tehnik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Uraian

3. Soal/Instrumen
a. Sebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan yang ada di sekitar kita.
b. Jelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi tersebut.


Kemiri ,……………2010
Mengetahui:
Kepala SMP …………… Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.I
NIP.























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP : Nurul Muttaqin Kemiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang.
Kompetensi Dasar : 1.4 Mengidentifikasikan berbagai keuntungan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator : o Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
o Meneidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi

Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 )


A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
• Mengidenifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat TIK di bidang telekomunikasi
• Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat TIK di bidang teknologi informasi
• Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk TIK di bidang telekomunikasi
• Mengiedentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk TIK di bidang teknologi informasi

B. Materi Pembelajaran
1. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang teknologi informasi
2. Produk TIK
a. Bidang telekomunikasi
b. Bidang informasi

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
• Mengerjakan lembar kerja.
3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
i. Tehnik
Tes tertulis

ii. Bentuk Instrumen
Uraian

iii. Soal/Instrumen
1. Jelaskan keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi?
2. Jelaskanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi

Kemiri ,……………2010
Mengetahui:
Kepala SMP …………… Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.I
NIP.



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/ MTs : Nurul Muttaqin Kemiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar : 1.5.Mengidentifikasiberbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi .
Indikator : 1.5.1. Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
1.5.2. Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
• Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
• Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
• Menjelaskan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif.
• Menjelaskan dampak negatif dari produk yang dihasilakan teknologi informasi dan komunikasi .

B. Materi Pembelajaran
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif
• Bidang telekomunikasi
• Bidang teknologi informasi
• Bidang Elektronika
Produk yang dihasilkan dari teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif.
• Bidang telekomunikasi
• Bidang teknologi dan informasi.
• Bidang Elektronika.

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menanyakan kepada peserta didik tentang dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok .
• Mengamati dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lingkungan sekitar kita.
• Melakukan studi pustaka untuk mengetahui dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Mengingat kembali materi pembelajaran yang sudah disampaikan.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
• Menjelaskan produk teknologi dan informasi dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
• Menarik kesimpulan tentang dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan produk-produknya.


E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1. Tehnik
Tes tertulis

2. Bentuk Instrumen
Uraian

3. Soal/Instrumen

1. Sebutkan perangkat komunikasi yang dapat menimbulkan dampak negatif.
2. Jelaskan mengapa perangkat komunikasi dapat mengakibatkan dampak negatif.


Kemiri ,……………2010
Mengetahui:
Kepala SMP …………… Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.I
NIP.




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/ MTs : Nurul Muttaqin Kemiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar : 2.1 Mengaktifkan komputer sesua prosedur
Indikator : • Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
• Melakukan proses ”cold boot”
• Melakukan proses ”warm boot”
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 40)

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangat peralatan komputer di lab. Komputer, peserta didik dapat :
• menunjukan nama-nama tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer ( memulai Windows )
• menjelaskan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk menghidupkan komputer
• menjelaskan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
• mendemonstrasikan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
• menjelaskan langkah-langkah untuk mengatasi terjadi permasalahan dalam mengoperasikan komputer
• hidup, peserta didik dapat mendemonstrasikan memecahkan masalah jika terjadi komputer hang ( warm boot ) secara tepat dan benar

B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan komputer, pemecahan masalah, proses cold boot dan warm boot

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL Model Direct Learning, Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer ( memulai Windows )
• Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer ( memulai Windows ) dan mengatasi permasalahannya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
• Mendemontrasikan proses cold boot ( memulai Windows ) dengan langkah secara tepat dan benar
• Mendemontrasikan proses warm boot ( komputer hang ) dengan langkah secara tepat dan benar
• Mengerjakan lembar kerja.

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
• Pemberian Tugas Rumah


E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
i. Tehnik
Observasi, Unjuk Kerja

ii. Bentuk Instrumen
Lembar Observasi, Uji Prosedur

iii. Soal/Instrumen

1. Amatilah tombol-tombol pada perangkat komputer, kemudian tunjukanlah nama dan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk menghidupkan komputer atau memulai Windows ( lembar observasi )

2. Demonstrasikalah 3 langkah menghidupkan komputer ( cold boot ) atau memulai Windows( lembar uji produk )

3. Demonstrasikalh 2 cara mengatasi masalah jika terjadi hang pada komputer atau warm boot ( lembar uji produk )

No Instrumen Skala kwantatif Nilai =
5 4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
1 Tombol power listrik
2 Tombol monitor
3 Tombol disk drive A
4 Tombol Power CPU
Jumlah
Total jumlah


No Instrumen Skala kwantitif Nilai =
5 4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
A Menghidupkan komputer ( Cold boot)
1 Mengecek aliran listrik/Menghidupkan monitor
2 Mengecek disk drive A dalam keadaan kosong atau berisi
3 Menekan tombol power dan menunggu layar utama Window muncul
B Proses warm boot
4 Menggunakan key board
5 Mengunakan tombol yang ada pada CPU
Jumlah
Total jumlah
Catatan:
SP = Skor Perolehan Smax = Skor Maksimal=25

Kemiri ,……………2010
Mengetahui:
Kepala SMP …………… Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP : Nurul Muttaqin Kemiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal dasar operasi komputer
Kompetensi Dasar : 2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
Indikator : 1. Menjelaskan cara mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
2. Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
Alokasi Waktu : 1 x pertemua ( 2 x 40 )

A.Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat komputer dalam keadaan hidup,peserta didik mampu :
• menjelaskan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse
• menjelaskan 4 langkah mematikan komputer dengan menggunakan key board
• menjelaskan 4 langkah mematikan komputer dengan menggunakan gabungan mouse dan keyboard
• mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )
• mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )
• mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard dan mouse ( gabungan ) secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )

B. Materi Pembelajaran
Mematikan komputer atau mengakhiri Windows menggunakan mouse
Mematikan komputer atau mengakhiri Windows menggunakan keyboard
Mematikan komputer atau mengakhiri Windows menggunakan mousedan keyboard

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer ( memulai Windows )
• Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer ( memulai Windows ) dan mengatasi permasalahannya
• Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mengamati peralatan layar utama Windows komputer
• Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan mouse
• Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan keyboard
• Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan gabungan mouse dan keyboard

3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian
1.Tehnik
Tes tertulis, Tes Unjuk Kerja

2.Bentuk Instrumen
Uraian, Uji prosedur

3.Soal/Instrumen
1. Jelaskanlah 4 langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows
dengan menggunakan mouse
2. Jelaskanlah 4 langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows
dengan menggunakan keyboard
3. Demonstrasikan 4 langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan menggunakan mouse ( Lembar uji prosedur )
4. Demonstrasikan 4 langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri
Windows dengan menggunakan keyboard( Lembar uji prosedur )
5. Demonstrasikan 4 langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan menggunakan gabungan mouse dan keyboard (lembar uji prosedur)


No Instrumen Skala kwantatif Nilai =
4 3 2 1 Jsp/jsm x 100
1 Mematikan komputer menggunakan mouse
2 Menggunakan keyboard
3 Menggunakan gabungan mouse dn keyboard
Jumlah

Total jumlah


Kemiri ,……………2010
Mengetahui:
Kepala SMP …………… Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.I
NIP.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP : Nurul Muttaqin Kemiri
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar : 2.3. Melakukan operasi dasar pada operating sistem dengan sistematis.
Indikator : 2.3.1. Menggunaka sistem operasi ( misalnya windows) .
2.3.2.Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder.
2.3.3.Memasukkan file-file ke dalam satu folder.
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
• Disajikan tampilan layar utama Windows, peserta didik dapat menggunakan shortcut pada desktop icon untuk mengaktifkan Windows Explorer dengan tepat.
• Disajikan tampilan layar utama Windows, peserta didik dapat membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat.
• Disajikan tampilan layar utama Windows, peserta didik dapat membuat folder melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat.
• Disajikan tampilan layar Windows Explorer, peserta didik dapat membuat folder baru melalui menu bar dengan tepat.
• Disajikan tampilan layar Windows Explorer, peserta didik dapat menyatukan file-file ke dalam satu folder dengan cara draging dengan tepat.

B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan Windows Explorer
Membuat folder baru
Menyatukan file-file ke dalam satu folder

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
• Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Mendemonstrasikan cara mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
• Pemberian tugas.

Pertemuan kedua
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
• Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mendemonstrasikan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
• Pemberian tugas.

Pertemuan ketiga
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
• Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mendemonstrasikan 4 langkah cara membuat folder baru melalui menubar.
3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang pembuatan folder baru.
• Pemberian tugas.

Pertemuan keempat
1. Kegiatan Pendahuluan
• Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
• Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
• Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti
• Peserta didik membentuk kelompok diskusi
• Mendemonstrasikan cara menyatukan file-file dengan cara draging.
3. Kegiatan Penutup
• Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
• Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang cara menyatukan file-file dengan cara draging.

E. Sumber Belajar
Perangkat Komputer
Buku Paket
LKS

F. Penilaian
1. Tehnik
Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen
Uji prosedur

3. Soal/Instrumen
1. Demonstrasikanlah cara mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon (lembar uji prosedur).
2. Demonstrasikanlah cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start (lembar uji prosedur).
3. Demonstrasikanlah 4 langkah mmbuat folder baru melalui menubar (lembar uji prosedur)
4. Demonstrasikanlah cara menyatukan file-file dengan cara draging (lembar uji prosedur).

No Instrumen Penilaian
Skor max Skor perolehan
1. Mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon 2
2. Mengaktifkan windows explorer melalui tombol start 2
3. Membuat folder baru melalui menubar 4
4. Menyatukan file-file ke dalam satu folder 2
Jumlah 10
Nilai = x 100


.........










Kemiri ,……………2010

Mengetahui:
Kepala SMP …………… Guru Mata Pelajaran TIK



H. Setyo Wiyono, S.Pd. Uji Triharto, S.Pd.I
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laman